Daisypath Anniversary tickersDaisypath - Personal picture
Lilypie Second Birthday tickersLilypie - Personal picture

Selasa, 07 Juni 2011

Ibaz kena Campak (lagi) ???

Berawal dari gejala Ibaz sumeng (gak panas dan gk adem) sejak hari Senin tanggal 30 Mei 2011, tapi ke-esokannya (pagi) udah baik2 ajah tuh. Aneh..
Seperti biasalah, kalau Ibaz lagi sumeng apalagi mulai GTM, observasi awal yg gw lakuin gk jauh seputar gigi dan tenggorokannya. Mungkin Ibaz lagi mau tumbuh gigi atau lagi radang tenggorokan. Gw termasuk tipikal emak yang slama anak gw demam tanpa mencret ataupun muntah2, masih bisa main dan beraktivitas, lebih banyak melakukan home treatment buat menanganinya dgn banyak makan buah, dan madu, kecuali si bocah udah panas lebih dari 39, mgk gw akan kasih paracetamol. Yah itu batas pemikiran Rational gw sih, krn gw bukan tipe emak yg Refuse Use of Medicine jugak hehehehe
Habis panas terbitlah batuk atau meler bgitulah Ibaz biasanya, cuman kali ini gk pake meler, mgk karena udah gw hantemin madu kali ya?*mikir*
Karena gw tau Ibaz itu allergic yg gk ada obatnya, dan yang bisa kita lakukan hanya peningkatan daya tahan tubuh aja, gw memutuskan untuk gk ke dokter tapi make pengobatan herbal hasil browsing di sini, gw cobain aja tuh madu campur jeruk nipis, lumayan rasa seger2 gituh :) alhamdulillah works for my son.

Sumeng terus berlanjut sampe hari jumat, ebusyeet 5 hari yeih?lama jugak!! alhasil rencana long weekend kali ini GATOT :(, padahal udah pengen ke taman safari liat meong geda *nangis sesegukan* finally long weekend hanya berakhir dirumah sajaah nemenin Ibaz yang cranky dan sedang manja2nya bangaad *ngelus dada*
3 hari setelah Hari Senin dgn demam, akhirnya turun juga tuh demam dan gw liat keluar merah2 dibagian pipi, belakang telinga, tangan, kaki, dada dan punggung atas , bruntusan kaya org alergi. Sempet mikir apa jangan2 anak gw alergi krn sorenya dikasih ikan ekor kuning sama BS gw ya? sempet posting di twitter nanya ke emak2 yang lain yg anaknya punya riwayat alergi, sampe akhirnya ada yg komen kalo anak gw sepertinya terkena tampek.
What?Tampek? Seinget gw, Ibaz udah pernah kena Tampek (Campak) pas usia 9 bulan, makanya dia gk gw imunisasi lagi. Apa mungkin tampek bisa kena lagi? wah wah wah, gw bingung, panik dan parno mulai deh berkecamuk, krn Tampek diusia Ibaz 9 bulan cukup bikin berat badannya turun drastis, panas tinggi ampe 40, dehidrasi ampe Ibaz harus dirawat di RS. Tapi sebelum ketidaktahuan gw lebih menguasai alam bawah sadar gw yg bisa berakibat pengambilan tindakan yang berlebihan ataupun tidak sesuai porsinya, gw coba browsing cari2 informasi ttg Tampek itu sendiri.

Gw ubek deh tuh mbah gugel sampe akhirnya nemuin link ini yang cukup memberikan alasan untuk tidak panik karena gejalanya gk beda jauh sama apa yang terjadi sama Ibaz.
Gw rasa perlu pendapat yg lebih akurat dari DSAnya Ibaz, yg kebetulan pas hari Kamis 2 Juni 2011 (tanggal merah) gak praktek. Jadi ajah gw harus nunggu ampe hari Jumat sore untuk memastikan penyakitnya Ibaz. Kebetulan pas kontrol ke DSA, panasnya Ibaz udah turun tinggal bercak2nya ajah, dan DSAnya pun beropini kalo Ibaz terkena Roseola (penyakit kulit yang disebabkan virus), sejenis Campak tapi tidak separah Campak akibatnya. Penyebab utamanya virus dan penyebarannya bisa melalui udara ataupun air liur.
Sebenernya apa sih bedanya campak dengan tampek? Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan campak dengan tampek bisa buka ini


Ini kondisi Ibaz waktu kena Tampek (Campak) diusia 9 bulan ampe harus dirawat di RS.






Ini kondisi Ibaz yg sudah distated sama DSA-nya kalau dia terkena Roseola





Senang juga yaaa tebak2an buah manggis bgini, apalagi kalau hasil diagnosis awal kita ternyata sama dengan apa yang DSA bilang, jadi banyak belajar, jadi tau cara penanganannya...

Alhamdulillah Ibaz skr udah sembuh, udah giat makan lagi, udah makin ngamuk lagi, dan gigi taring sama gigi grahamnya udah gk ngintip lagi melainkan nongol ke-permukaan *jingkrak2*koprol*

Tidak ada komentar: