Daisypath Anniversary tickersDaisypath - Personal picture
Lilypie Second Birthday tickersLilypie - Personal picture

Jumat, 10 Juni 2011

Monitorlah selalu Si Manis dalam Darah Anda!!

Judulnya sih konyol dan gk semengerikan cerita gw berikut ini.

Tepatnya hari Rabu kemarin tanggal 8 Juni 2011, tante gw yang semasa hidupnya gk pernah masuk RS, meninggal dunia dengan total lama perawatan di RS selama 21 hari. Mulai dari masuk ICU hingga dipindah ke kamar isolasi dan akhirnya ke kamar perawatan.
Beliau menderita Diabetes sudah sampai taraf harus di cuci darah.
Not feeling well melihat beliau melakukan cuci darah, asli ngenes bangeeett!!! Sehat itu bener2 mahal..
Mbah Kakung dan Mbah Uti (ortu dari nyokap) meninggal krn Diabetes juga, sedangkan nyokap gw pun sudah positif diabetes :(

Berdasarkan latar belakang itu, gw rasa perlu sedikit bahas mengenai penyakit yang namanya Diabetes, yang diam-diam menggerogoti dan merusak sistem metabolisme si penderita sampai akhirnya si penderita menderita komplikasi dan bisa berujung kepada kematian.

Kasus yang menimpa tante gw ini cukup sepele sepertinya.
Berawal dari gejala panas yg dideritanya hingga beliau diperiksa lab. Sungguh sangat mengagetkan kondisi gula sewaktu-waktunya sudah mencapai posisi 700 mg/dl. Akhirnya diputuskan untuk mengecek kadar gulanya setelah beliau puasa yaitu 500 mg/dl. Ya memang sudah cukup tinggi juga yaaa :(
Akhirnya beliau dirawat dirumah sakit, diberi terapi insulin untuk menurunkan kadar gulanya. Perlu pemberian antibiotik karena hasil darah menunjukkan tante saya menderita infeksi (kadar leukosit dalam darahnya tinggi sekali) hanya saja akibat yang ditimbulkan sangat berbahaya yaitu menderita sesak nafas yang sangat mengganggu.
Setelah diketahui lebih jauh lagi, ternyata infeksi tersebut berasal dari jari kaki kiri beliau yang mnurutnya sempat digigit oleh kelabang saat beliau sedang mandi, tapi setelah saya membaca lebih jauh mengenai informasi diabetes di sini, baru deh saya ngeh kalau mgk saja hal itu pengaruh dari Plantar Warts (sejenis kutil), hanya saja mgk pengetahuan beliau yang sangat minim mengenai proses pengobatan dan perawatan kaki diabetik menyebabkan hal tsb menjadi hal yang sepele sehingga jari tsb harus diamputasi.
Kadar gula dalam darah yang tinggi merupakan makanan bagi kuman. Kuman kemudian berkembang biak dan menyebabkan infeksi bertambah buruk. Kadar gula yang tinggi pun dapat menyebabkan kelainan fungsi ginjal bisa menyebabkan gagal ginjal sehingga penderita harus menjalani cuci darah (dialisa).
Semua upaya sudah dilakukan untuk beliau, hanya saja mungkin Tuhan yg memiliki skenario kehidupan ini.
Setelah sempat membaik di hari Sabtu 4 Juni 2011, beliau kembali menderita koma hiperglikemik-hiperosmolar non-ketotik pada hari Selasa 7 Juni 2011 dan akhirnya meninggal keesokan harinya diusia 50 tahun.

Semoga beliau diberi tempat yang diridhoi Allah SWT serta keluarga yang ditinggalkan pun diberi ketabahan dalam iman dan islam.

Gw pun berharap kita semua semakin waspada menjaga kesehatan kita dengan menjada pola makan, pola hidup, rutinitas olahraga (ini paling susyeh buat gw) dan rajin melakukan medical check up agar dapat mengontrol apabila menemukan kondisi2 yang perlu ditindaklanjuti sejak dini.

Untuk lebih mengetahui lebih dalam mengenai Diabetes bisa klik ke website medicastore atau ke website infodiabetes

Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar: